Statistik Jasa Akomodasi, Survei Tingkat Penghunian Kamar Hotel Bulanan - News - BPS-Statistics Indonesia Blora Regency

Blora Regency in Figures can be seen here; Online Integrated Statistics Services can be sent via email: bps3316@bps.go.id with the subject Data Requestor or website pst.bps.go.id; The Integrated Statistical Service BPS Blora Regency can be visited every working day at 08.00 – 15.30 WIB; Reporting Services That Are Not Compliant With Procedures can be done via lapor.go.id

Statistik Jasa Akomodasi, Survei Tingkat Penghunian Kamar Hotel Bulanan

Statistik Jasa Akomodasi, Survei Tingkat Penghunian Kamar Hotel Bulanan

April 27, 2020 | BPS Activities


Penjelasan Umum

Pariwisata mempunyai peran penting dalam pembangunan nasional, terutama sebagai penggerak ekonomi masyarakat. Kegiatan pariwisata merupakan mata rantai kegiatan yang sangat panjang dan luas dari berbagai kegiatan yang menampung penyerapan tenaga kerja dan perluasan kesempatan kerja serta dapat mendorong kegiatan ekonomi lainnya. Oleh sebab itu, maka dilakukan kegiatan pengumpulan data/informasi tentang karakteristik hotel yang sangat penting untuk mendapatkan indikator-indikator yang diperlukan seperti tingkat hunian atau occupancy rate hotel, rata-rata lamanya tamu menginap, dan sebagainya. Informasi/data pendukung lain yang diperlukan adalah jumlah kamar terpakai, jumlah tamu meninap, dan sebagainya. Data/informasi tersebut dapat dijadikan sebagai landasan perencanaan dan evaluasi, baik oleh instansi pemerintah, swasta, pelaku usaha atau stackeholder lainnya.

 

Tujuan dan Manfaat Kegiatan

Maksud dan tujuan utama dari pendataan mengenai perkembangan jasa usaha akomodasi/hotel (VHTS) ini adalah untuk memperoleh data tingkat penghunian kamar hotel, malam kamar yang terpakai, jumlah tamu yang datang dan menginap, rata-rata lama menginap tamu, data malam tamu yang menginap dan data tarif kamar.


Cakupan

Usaha/perusahaan akomodasi yang menjadi responden hanya usaha hotel, baik yang berbintang maupun nonbintang. Hotel dengan klasifikasi bintang dicacah secara lengkap (sensus) sedangkan untuk hotel nonbintang dicacah secara sampel survei. Kegiatan pendataan ini dilakukan oleh KSK (Kordinator Statistik Kecamatan).


Frekuensi Kegiatan

Survei in dilakukan setiap bulan

(Kontributor: Anis)
Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Kabupaten Blora (Statistics of Blora Regency)Jalan Rajawali Nomor 12 Blora 58211 Telp. & Faks (0296)531191 Homepage. http://blorakab.bps.go.id/ e-mail: bps3316@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia