OMAE : Rumah Metadata Statistik Sektoral - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Blora

Publikasi Kabupaten Blora Dalam Angka 2024 dapat diunduh di sini; Pelayanan Statistik Terpadu Online dapat melalui : email bps3316@bps.go.id dengan subyek Permintaan Data atau melalui website pst.bps.go.id; Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kab. Blora dapat dikunjungi setiap hari kerja  pada pukul 08.00 – 15.30 WIB; Pelaporan Layanan yang Tidak Sesuai Prosedur dapat dilakukan melalui lapor.go.id

OMAE : Rumah Metadata Statistik Sektoral

OMAE : Rumah Metadata Statistik Sektoral

5 November 2021 | Kegiatan Statistik


Kebutuhan akan data berkualitas yang semakin meningkat, juga dibarengi dengan peningkatan ragam data yang dihasilkan, baik oleh BPS maupun instansi lainnya. Di sisi lain, hal ini menimbulkan permasalahan tersendiri, yaitu keragaman data yang dihasilkan oleh berbagai instansi. Untuk mencegah terjadinya perbedaan konsep definisi terkait indikator dan variabel dari kegiatan statistik yang dilakukan oleh banyak instansi, maka kita perlu mendokumentasikan metadata dari variabel, indikator, dan kegiatan statistik yang dilakukan.

 

Metadata sendiri merupakan informasi terstruktur yang mendeskripsikan suatu informasi dan menjadikannya mudah ditemukan, digunakan, dan dikelola. Metadata sering disebut sebagai data tentang data atau informasi tentang informasi.

 

Saat ini, BPS kabupaten Blora juga sedang melakukan pendataan metadata statistik sektoral yang dihasilkan oleh OPD di Kabupaten Blora. Untuk mengumpulkan metadata tersebut, BPS Kabupaten Blora memanfaatkan aplikasi OMAE yang dikembangkan oleh BPS Provinsi Jawa tengah.

 

OMAE merupakan aplikasi berbasis website yang digunakan untuk pengelolaan metadata secara elektronik. Metadata yang diinput ke dalam OMAE  adalah metadata kegiatan (ms-keg), metadata variabel (ms-var), dan metadata indikator (ms-ind).
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Blora (Statistics of Blora Regency)Jalan Rajawali Nomor 12 Blora 58211 Telp. & Faks (0296)531191 Homepage. http://blorakab.bps.go.id/ e-mail: bps3316@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik