Kecamatan Teraman di Kabupaten Blora - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Blora

Publikasi Kabupaten Blora Dalam Angka 2024 dapat diunduh di sini; Pelayanan Statistik Terpadu Online dapat melalui : email bps3316@bps.go.id dengan subyek Permintaan Data atau melalui website pst.bps.go.id; Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kab. Blora dapat dikunjungi setiap hari kerja  pada pukul 08.00 – 15.30 WIB; Pelaporan Layanan yang Tidak Sesuai Prosedur dapat dilakukan melalui lapor.go.id

Kecamatan Teraman di Kabupaten Blora

Kecamatan Teraman di Kabupaten Blora

26 Juni 2021 | Kegiatan Statistik


Bicara tentang kecamatan teraman di Blora memang harus ada beberapa indikator. Antara lain bencana alam, jumlah kejahatan dan kualitas udara serta air. Namun kali ini, saya akan meninjau dari bencana alam.

 

Kabupaten Blora yang ber slogan “Blora Mustika”, secara geografis terletak di antara 111° 16’ s/d 111° 338’ Bujur Timur dan diantara 6° 528’ s/d 7° 248’ Lintang Selatan, jarak terjauh dari barat ke timur sepanjang 87 km dan utara ke selatan sejauh 58 km. Secara administrasi Kab. Blora terletak di ujung paling timur Propinsi Jawa Tengah bersama Kabupaten Rembang. Menurut Kantor Pertanahan, ketinggian tanah Kabupaten Blora berada pada 25 hingga 500 m dpl. Kabupaten Blora berada di rangkaian perbukitan kapur yakni Pegunungan Kendeng Utara dan Pegunungan Kendeng Selatan yang sejajar membentang dari barat ke timur. Kabupaten Blora dilalui 2 (dua) sungai utama, yaitu Sungai Bengawan Solo dan Sungai Lusi. Dengan letak dan geografis seperti tersebut tak heran bila memang ada bencana alam yang singgah ke Blora.

 

Dalam Publikasi “Blora Dalam Angka 2021” disebutkan, ada 12 kejadian banjir dan 12 kejadian tanah longsor ditahun 2020. Kedua kejadian bencana alam ini hampir merata terjadi di 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Blora.

 

Bencana alam banjir tahun 2020, terjadi di kecamatan Jati, Randublatung, Kedungtuban, Cepu, Ngawen dan Kunduran. Terbanyak terjadi banjir di kecamatan Randublatung dengan 5 kejadian.

 

Bencana alam tanah longsor tahun 2020, terjadi di kecamatan Jati, Randublatung, Karedan, Cepu, Blora dan Japah. Tanah longsor terbanyak terjadi di kecamatan Randublatung, yaitu sebanyak 6 kejadian.

 

Dari data series yang ada, yaitu data dari tahun 2018 – 2020, ada 2 kecamatan teraman menurut kejadian bencana alam, yaitu kecamatan Bogorejo dan Tunjungan. Selamat untuk anda semua yang berdomisili di kedua kecamatan tersebut. Namun ini hanya dilihat dari satu indikator.

 

Untuk yang berdomisili di 14 kecamatan lainnya tetap positive thinking. Bukan berarti tempat tinggal anda tidak lagi menjadi tempat teraman. Sekali lagi, ini hanya dilihat dari satu indikator.

 

Yang terpenting selalu semangat, jaga kesehatan, selalu bahagia dan berbuat baiklah untuk semua makhluk di dunia.

Semoga dengan begitu, dimanapun bumi anda berpijak, menjadi tempat teraman bagi anda.

 

Sumber data:

mapgeo.id

blorakab.go.id

Blora Dalam Angka 2021

 

Pict by:

news.detik.com

kumparan.com

 

Kontributor: Tenri Ratna Seminnar

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Blora (Statistics of Blora Regency)Jalan Rajawali Nomor 12 Blora 58211 Telp. & Faks (0296)531191 Homepage. http://blorakab.bps.go.id/ e-mail: bps3316@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik