Survei VHTL 2021 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Blora

Publikasi Kabupaten Blora Dalam Angka 2024 dapat diunduh di sini; Pelayanan Statistik Terpadu Online dapat melalui : email bps3316@bps.go.id dengan subyek Permintaan Data atau melalui website pst.bps.go.id; Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kab. Blora dapat dikunjungi setiap hari kerja  pada pukul 08.00 – 15.30 WIB; Pelaporan Layanan yang Tidak Sesuai Prosedur dapat dilakukan melalui lapor.go.id

Survei VHTL 2021

Survei VHTL 2021

7 Juni 2021 | Kegiatan Statistik


Pariwisata merupakan suatu kegiatan bepergian yang dilakukan seseorang untuk sementara waktu dari suatu tempat asal ke tempat yang lain (daerah tujuan wisata), semata-mata untuk menikmati kegiatan pertamasyaan atau rekreasi dalam rangka memenuhi keinginan yang beraneka ragam. Kegiatan tersebut melibatkan berbagai industri pariwisata yang mempunyai kaitan erat seperti transportasi, jasa akomodasi/penginapan, restoran, pemandu wisata, dan lain-lain. Industri-industri pariwisata ini memegang peranan yang sangat penting dalam pengembangan pariwisata.

Dalam menjalankan perannya, industri pariwisata harus menerapkan konsep dan peraturan serta panduan yang berlaku dalam pengembangan pariwisata agar mampu mempertahankan dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan yang nantinya bermuara pada pemberian manfaat ekonomi bagi industri pariwisata dan masyarakat lokal. Industri-industri pariwisata yang sangat berperan dalam pengembangan pariwisata diantaranya adalah usaha jasa akomodasi atau industri perhotelan. Sehingga pengembangan industri kepariwisataan khususnya industri jasa akomodasi/ perhotelan semakin penting, tidak semata-mata hanya untuk meningkatkan kenyamanan wisatawan, tetapi juga untuk dampak ekonomi yang ditimbulkan seperti meningkatkan pendapatan, memperluas kesempatan kerja, dan kesempatan berusaha. Fungsi utama dari hotel adalah sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan tamu (wisatawan atau pelancong) sebagai tempat tinggal sementara. Pada umumnya kebutuhan utama para tamu dalam hotel adalah istirahat, tidur, mandi, makan, minum, hiburan dan lain-lain. Namun dengan perkembangan dan kemajuan hotel sekarang ini, fungsi hotel bukan saja sebagai tempat menginap atau istirahat bagi para tamu, namun fungsinya bertambah sebagai tujuan konferensi, seminar, lokakarya, musyawarah nasional dan kegiatan semacam itu yang tentunya membutuhkan sarana dan prasarana yang lengkap. Dengan demikian fungsi hotel sebagai suatu sarana komersial berfungsi bukan hanya untuk menginap, beristirahat, makan dan minum tetapi juga sebagai tempat melangsungkan berbagai macam kegiatan sesuai dengan tujuan pendirian hotel tersebut.

 

Tujuan pencacahan perusahaan/usaha jasa akomodasi adalah : mendapatkan karakteristik spesifik (profil) kegiatan usaha/perusahaan akomodasi, mendapatkan gambaran karakteristik tenaga kerja kegiatan usaha/perusahaan akomodasi, mendapatkan gambaran struktur pendapatan dan biaya/pengeluaran serta penambahan dan pengurangan barang modal, mendapatkan data bahan baku yang digunakan oleh usaha akomodasi, dan Mendapatkan data/informasi jumlah tamu usaha akomodasi dan keterkaitannya dengan kepemilikan modal dan lingkungan.

Kerangka sampel usaha/perusahaan yang digunakan adalah daftar usaha/perusahaan jasa akomodasi dari Direktori Pariwisata hasil Updating kondisi Februari 2021 yang dilengkapi dengan informasi alamat dan jenis akomodasi. Adapun yang terkena sampel di Kabupaten Blora ada sekitar 46 usaha akomodasi baik itu hotel berbintang, non bintang maupun usaha penyedia jasa akomodasi lainnya seperti homestay, yang tersebar di Kecematan Blora Kota, Cepu dan Randublatung. Pelaksanaan survey sendiri akan di mulai bulan Juni ini hingga akhir Juli 2021 dan petugas diambil dari organik BPS sendiri yakni para Koordinator Statistik Kecamatan.

Pengumpulan data dari usaha/perusahaan dilakukan melalui wawancara tatap muka antara pencacah dengan responden. Untuk usaha/perusahaan yang relatif besar, pengumpulan data mungkin lebih dari satu kali kunjungan. 

(Kontributor: Titik K. Rahman)
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Blora (Statistics of Blora Regency)Jalan Rajawali Nomor 12 Blora 58211 Telp. & Faks (0296)531191 Homepage. http://blorakab.bps.go.id/ e-mail: bps3316@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik