Pelatihan Survei Kerangka Sampel Area (KSA) BPS - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Blora

Publikasi Kabupaten Blora Dalam Angka 2024 dapat diunduh di sini; Pelayanan Statistik Terpadu Online dapat melalui : email bps3316@bps.go.id dengan subyek Permintaan Data atau melalui website pst.bps.go.id; Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kab. Blora dapat dikunjungi setiap hari kerja  pada pukul 08.00 – 15.30 WIB; Pelaporan Layanan yang Tidak Sesuai Prosedur dapat dilakukan melalui lapor.go.id

Pelatihan Survei Kerangka Sampel Area (KSA) BPS

Pelatihan Survei Kerangka Sampel Area (KSA) BPS

30 Oktober 2020 | Kegiatan Statistik


Pendataan Statistik Pertanian Tanaman Pangan Terintegrasi dengan Metode Kerangka Sampel Area (KSA), yang selanjutnya disebut Survei KSA, merupakan kegiatan kerjasama antara Badan Pusat Statistik (BPS) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang mulai diimplementasikan secara nasional pada tahun 2018. Namun pada 2020, kegiatan Survei KSA diharapkan sepenuhnya menjadi tanggung jawab BPS mulai dari pelaksanaan sekaligus pengembangannya. Menindaklanjuti proses tersebut, BPS membangun sebuah sistem baru dengan mereplikasi dan menyempurnakan sistem yang sebelumnya telah dikembangkan oleh BPPT. Oleh karena itu, BPS Kabupaten Blora melakukan pelatihan petugas KSA secara virtual selama 2 hari pada tanggal Senin, 19 Oktober untuk mengenalkan aplikasi KSA baru yang merupakan pengambangan dari BPS.


Pada saat pelatihan, peserta dibekali beberapa perubahan konsep serta pengenalan aplikasi KSA baru yang dikembangkan BPS. Pelatihan diikuti oleh  36 petugas lapangan dari KSA Padi dan 9 petugas lapangan dari KSA Jagung. Di hari kedua, peserta dari petugas KSA Padi melakukan try out lapangan untuk mencoba aplikasi KSA yang baru. Saat ini, uji coba aplikasi KSA baru dari BPS hanya untuk KSA Padi. Kedepannya, pengembangan aplikasi KSA Jagung dari BPS juga akan dilakukan.


Dengan adanya penyempurnaan dan pengembangan aplikasi KSA, diharapkan data pangan yang dihasilkan dari survei KSA akan lebih cepat, akurat, dan tepat waktu. (Kontributor: Ria Pujo Pangesti)
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Blora (Statistics of Blora Regency)Jalan Rajawali Nomor 12 Blora 58211 Telp. & Faks (0296)531191 Homepage. http://blorakab.bps.go.id/ e-mail: bps3316@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik