Pelatihan Petugas SAKERNAS 2019 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Blora

Publikasi Kabupaten Blora Dalam Angka 2024 dapat diunduh di sini; Pelayanan Statistik Terpadu Online dapat melalui : email bps3316@bps.go.id dengan subyek Permintaan Data atau melalui website pst.bps.go.id; Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kab. Blora dapat dikunjungi setiap hari kerja  pada pukul 08.00 – 15.30 WIB; Pelaporan Layanan yang Tidak Sesuai Prosedur dapat dilakukan melalui lapor.go.id

Pelatihan Petugas SAKERNAS 2019

Pelatihan Petugas SAKERNAS 2019

17 Juli 2019 | Kegiatan Statistik


Setelah sukses dilaksanakan pada Bulan Februari yang lalu, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Blora melalui Seksi Statistik Sosial, sesuai jadwal akan kembali melaksanakan kegiatan Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS) 2019 di Bulan Agustus mendatang. Rangkaian persiapan pelaksanaan kegiatan SAKERNAS 2019 kali ini diawali dengan dilaksanakannya kegiatan Pelatihan Petugas SAKERNAS 2019. Setelah resmi dibuka pada Rabu, 17 Juli 2019 oleh Kepala BPS Kabupaten Blora, Drs. Heru Prasetyo, pelatihan akan berlangsung hingga tanggal 25 Juli 2019 di Hotel Kyriad Arra Cepu. Pelatihan dibagi menjadi dua gelombang dengan susunan formasi petugas yang terdiri dari pegawai BPS Kabupaten Blora serta para mitra statistik yang dimaksudkan untuk dapat menyamakan konsep dan definisi yang digunakan dalam pelaksanaan di lapangan nantinya.

 

Pelaksanaan SAKERNAS 2019 pada Bulan Agustus mendatang ditargetkan untuk dapat menjangkau jumlah sampel yang jauh lebih banyak daripada SAKERNAS 2019 edisi sebelumnya yang dilaksanakan pada Bulan Februari. Maka untuk mengakomodasi penambahan jumlah sampel yang direncanakan, harus diiringi dengan penambahan petugas survei, dimana jumlah kebutuhan petugas SAKERNAS 2019 pada Bulan Agustus mendatang mencapai empat kali lipat dibandingkan jumlah petugas pada periode Bulan Februari. Secara umum kegiatan SAKERNAS bertujuan untuk menyediakan data pokok ketenagakerjaan yang berkesinambungan. Secara khusus, SAKERNAS bertujuan untuk memperoleh estimasi data jumlah penduduk yang bekerja, jumlah pengangguran dan indikator ketenagakerjaan lainnya.


Menindaklanjuti kegiatan pelatihan, telah menanti agenda inti dalam rangkaian kegiatan SAKERNAS 2019 dimana akan dilakukan pelaksanaan updating dan pencacahan secara berturut-turut oleh para petugas pada tanggal 26 Juli 2019 hingga tanggal 7 Agustus 2019 untuk kegiatan updating, serta kegiatan pencacahan data dari responden terpilih yang dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2019 hingga tanggal 31 Agustus 2019.


Melalui pelaksanaan kegiatan pelatihan ini, para petugas diharapkan untuk dapat memahami konsep definisi serta tujuan pelaksanaan survei. Sehingga, pada saat pelaksanaan petugas SAKERNAS mampu untuk mengomunikasikan konten kuesioner kepada responden dengan lebih efektif agar mendapatkan data yang baik. Karena pada dasarnya awal dari data yang baik berada di tangan para petugas yang berjuang di lapangan, dengan bantuan dan dukungan dari responden dalam memberikan data yang jujur dan apa adanya. Maka diharapkan para petugas untuk senantiasa mengedepankan kualitas dalam kegiatan pengumpulan data di lapangan. Tetap semangat, niatkan dengan tulus dan ikhlas dalam bekerja sehingga mampu menghasilkan data yang akurat dan berkualitas.(AT)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Blora (Statistics of Blora Regency)Jalan Rajawali Nomor 12 Blora 58211 Telp. & Faks (0296)531191 Homepage. http://blorakab.bps.go.id/ e-mail: bps3316@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik