Tips dan Trik Wawancara Online - News - BPS-Statistics Indonesia Blora Regency

Blora Regency in Figures can be seen here; Online Integrated Statistics Services can be sent via email: bps3316@bps.go.id with the subject Data Requestor or website pst.bps.go.id; The Integrated Statistical Service BPS Blora Regency can be visited every working day at 08.00 – 15.30 WIB; Reporting Services That Are Not Compliant With Procedures can be done via lapor.go.id

Tips dan Trik Wawancara Online

Tips dan Trik Wawancara Online

July 8, 2021 | BPS Activities


Hai sobat data, selamat buat kamu-kamu kemarin yang sudah berhasil memasuki tahap ke 2 seleksi penerimaan petugas Sensus Penduduk Long Form atau lebih di kenal dengan SP2020 LF,

Nah buat kamu-kamu yang tengah bersiap mengikuti ujian tahap tiga atau wawancara, berikut tips yang bisa kamu terapkan. Meski secara online wawancara tetap saja kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya agar kamu bisa kketerima dan bergabung menjadi bagian dari Petugas SP2020 LF.

Apa saja yang perlu kita siapkan yuk langsung ikuti Langkah-langkahnya,

1.      Pastikan Koneksi Internet di tempatmu lancar.

Namanya juga wawancara online, internet tentu modal utamanya, jika ternyata di rumahmu internetnya tidak begitu lancar kamu bisa pergi ketempat yang internetnya stabil, mungkin di tempat-tempat umum atau numpang dikantor desa atau rumah teman atau bisa juga di café yang menyediakan wifi lancer, tapi inget pastikan tetap jaga protokol Kesehatan ya, apa lagi musim pendemi begini.

2.      Tetap Gunakan Pakaian Formal dan Rapi

Meskipun wawancaranya online, bukan berarti kamu bisa bebas mengenakan baju apa saja seenaknya, sebisa mungkin gunakan baju formal dan rapi tentunya, jangan sampai yang mewawancarai kamu penampilannya jauh lebih rapi di banding kamu, jangan sepelekan penampilan meski hanya hanya lewat video orang tetap bisa menilai apa yang kau kenakan. Kerapianmu dalam berpakaian juga menandakan keseriusan kamu dalam mengikuti wawancara ini.

3.      Tatap kamera selama wawancara berlangsung.

Mungkin kamu grogi saat berhadapan wawancara tapi jangan sampai menciptakan kesan kamu tidak fokus, seenaknya sendiri ketika diwawancara, tatap kamera selagi menjawab pertanyaan dari pewawancara seolah-olah kamu sedang berhadapan langsung.

4.      Perhatikan Tempat, Volume Suara Selama Wawancara Berlangsung.

Selain mencari sinyal internet yang stabil pastikan tempat yang kamu pakai selama wawancara nanti nyaman juga memadai, pastikan volume suara kamu ketika menjawab terdengar pas ditelinga pewawancara, tidak terlalu pelan juga tidak terlalu keras. Kondisikan sekitarmu agar tidak merusak wawancara, jangan sampai kamu gagal karena suara-suara bising disekitarmu.

Pemilihan backgraund juga jadi pertimbangan, jika dilakukan di kamar sendiri, hindari kamera bisa menangkap keadaan kamar kamu yang mungkin sedikit berantakan. Intinya jika ingin menggunakan ruangan yang ada dirumah jangan lupa rapihkan terlebih dahulu agar tetap enak terlihat.

5.      Kuasai Pertanyaan Umum Wawancara.

Hal yang biasa ditanyakan saat wawancara kerja berlangsung pastikan kamu mampu menjawabnya dengan baik, seperti tujuan kamu melamar, pengetahuanmu tentang pekerjaan yang akan kamu lamar, juga apa-apa yang akan kamu kerjakan setelah diterima nanti kamu harus tau.

6.      Percaya Diri

Ketika semua sudah oke, mulai dari internet yang lancar, tempat yang nyaman, pakaian yang rapi hingga pengetahuan yang memadai tentang pekerjaan yang kamu lamar sudah kamu kuasai, saatnya kamu beraksi, tunjukkan rasa percaya dirimu dalam setiap menjawab pertanyaan. Yakinkan pihak pewawancara bahwa kamu bisa diandalkan dalam menerima setiap pekerjaan yang di berikan nantinya. Anggaplah sesi wawancara seperti sesi tanya-jawab dengan teman-teman biasa, namun menggunakan tata bahasa yang baik dan benar sehingga bisa lebih rileks saat menjawab.

 

Demikian tips dan triks buat sobat data yang besok mau mengikuti wawancara petugas SPLF ataupun wawancara kerja online di tempat lainnya, semoga bermanfaat dan semoga kalian sukses ya. (Kontributor: Titik K. Rahman)

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Kabupaten Blora (Statistics of Blora Regency)Jalan Rajawali Nomor 12 Blora 58211 Telp. & Faks (0296)531191 Homepage. http://blorakab.bps.go.id/ e-mail: bps3316@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia