Online Class Sharing Knowledge AdePT - News - BPS-Statistics Indonesia Blora Regency

Blora Regency in Figures can be seen here; Online Integrated Statistics Services can be sent via email: bps3316@bps.go.id with the subject Data Requestor or website pst.bps.go.id; The Integrated Statistical Service BPS Blora Regency can be visited every working day at 08.00 – 15.30 WIB; Reporting Services That Are Not Compliant With Procedures can be done via lapor.go.id

Online Class Sharing Knowledge AdePT

Online Class Sharing Knowledge AdePT

May 14, 2020 | BPS Activities


Never-ending learning. Ungkapan inilah yang mengiringi semangat para fungsional statistisi BPS Kabupaten Blora untuk tetap menuntut ilmu dalam suasana pandemi Covid-19. Pada tanggal 6 Mei, BPS Provinsi Jawa Tengah menggelar kegiatan online class yang diikuti oleh pejabat fungsional statistisi di lingkungan BPS Kabupaten/Kota se-Jateng. Kelas online yang baru pertama kali diadakan tersebut mengusung tema Sharing Knowledge Software AdePT (software analisis kemiskinan lisensi World Bank) menggunakan media Zoom meeting. Pemateri dalam kegiatan tersebut adalah Yoyok Cahyo N, SST.,M.Ec.Dev yang sekaligus merupakan pejabat fungsional statistisi muda di lingkungan BPS Provinsi Jawa Tengah.

Isu kemiskinan masih menghantui hampir di seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Oleh karena itu, berbagai upaya terus dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Salah satu upayanya adalah membuat penelitian seputar kemiskinan dan variabel-variabel apa saja yang terkait dengan kemiskinan. Para peneliti biasa menggunakan berbagai perangkat lunak/software untuk menganalisis tentang kemiskinan dan ADePT  merupakan software keluaran Bank Dunia yang secara khusus digunakan untuk menganalisis kemiskinan. Karena pentingnya pengetahuan mengenai penggunaan software ADePT, BPS Provinsi Jawa Tengah mengadakan sharing knowledge tersebut.

Peserta kelas online dari BPS Kabupaten Blora terdiri dari fungsional statistisi pelaksana lanjutan, statistisi penyelia, statistisi pertama, dan statistisi muda. Meskipun masih melaksanakan work from home, namun dengan adanya kegiatan sharing knowledge ini para pejabat fungsional statistisi dapat terus mengasah pengetahuan dan meningkatkan ketrampilan. Pada tanggal 14 Mei 2020, kegiatan lanjutan dari kelas online sharing knowledge ADePT kembali digelar. Tema yang diangkat adalah Online Statistical Coaching Clinic Materi Praktek Software AdePT. Masing-masing peserta mencoba menggunakan software tersebut dengan dipandu oleh Bapak Yoyok melalui Zoom meeting. Secara keseluruhan, kedua kegiatan tersebut banyak memperoleh tanggapan yang positif dari peserta dan berbagai pihak dan dapat terus dilaksanakan. (Kontributor: Novita)

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Kabupaten Blora (Statistics of Blora Regency)Jalan Rajawali Nomor 12 Blora 58211 Telp. & Faks (0296)531191 Homepage. http://blorakab.bps.go.id/ e-mail: bps3316@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia