PELATIHAN PETUGAS SAKERNAS AGUSTUS 2020 - News - BPS-Statistics Indonesia Blora Regency

Blora Regency in Figures can be seen here; Online Integrated Statistics Services can be sent via email: bps3316@bps.go.id with the subject Data Requestor or website pst.bps.go.id; The Integrated Statistical Service BPS Blora Regency can be visited every working day at 08.00 – 15.30 WIB; Reporting Services That Are Not Compliant With Procedures can be done via lapor.go.id

PELATIHAN PETUGAS SAKERNAS AGUSTUS 2020

PELATIHAN PETUGAS SAKERNAS AGUSTUS 2020

July 30, 2020 | BPS Activities


Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) adalah survei yang diselenggarakan oleh BPS yang dirancang khusus untuk mengumpulkan data ketenagakerjaan. Sakernas dilaksanakan secara semesteran, yaitu Semester I pada bulan Februari dan Semester II pada bulan Agustus. Hingga saat ini, Sakernas telah mengalami berbagai perubahan baik waktu pelaksanaan, level estimasi, cakupan maupun metodologi.


Pada tahun 2020, telah dilakukan penyempurnaan kuesioner. Untuk Sakernas Agustus yaitu menyesuaikan kondisi “new normal” pada masa pendemi Covid-19 di Indonesia. Perubahan kuesioner tersebut antara lain; konsep ketenagakerjaan menggunakan konsep ICLS-13, menambahkan pertanyaan terkait dampak COVID-19 terhadap ketenagakerjaan berdasarkan rekomendasi ILO, penyederhanaan kuesioner dengan mengurangi jumlah pertanyaan dari 65 pertanyaan menjadi sekitar 31 pertanyaan, redaksi pertanyaan dibuat sederhana agar mudah dipahami oleh responden yang melakukan pencacahan mandiri dan lain-lain.


Khusus Pelatihan Petugas Sakernas Agustus 2020 memakai metode baru, yaitu pelatihan secara online (zoom meeting) dan elearning sebagai pembelajaran mandiri. Pelatihan dimulai dari hari Selasa, tanggal 28 Juli 2020 sampai dengan hari Kamis, 30 Juli 2020. Acara pembukaan dimulai pkl. 08.00 WIB dengan arahan dari Kepala BPS Kabupaten Blora, Drs. Heru Prasetyo. Dalam arahannya Beliau berkata “besar harapan BPS bahwa data Sakernas Agustus 2020 ini tetap bermutu dan berkualitas layaknya data hasil Sakernas sebelumnya walaupun kita semua menghadapi pandemic covid-19”.


Pelatihan Petugas Sakernas Agustus 2020 dibagi menjadi 2 kelas, Kelas A dan Kelas B. Total petugas Sakernas Agustus 2020 BPS Kabupaten Blora sebanyak 39 orang yang tersebar di 16 kecamatan yang akan mendata di 76 BS (Blok Sensus). Semoga dengan dilatihnya para calon petugas Sakernas Agustus 2020 bisa menyamakan persepsi dan meningkatkan pemahaman tentang konsep dan definisi.


Untuk para petugas Sakernas Agustus 2020, semoga selalu diberikan kemudahan, kesehatan dan umur yang panjang.


Selamat berjuang Temans, kiranya Tuhan selalu menyertai langkah kalian, langkah kita semua.


Semangat!


(Kontributor: Tenri Ratna Seminar)

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Kabupaten Blora (Statistics of Blora Regency)Jalan Rajawali Nomor 12 Blora 58211 Telp. & Faks (0296)531191 Homepage. http://blorakab.bps.go.id/ e-mail: bps3316@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia