Survei Harga Perdesaan - News - BPS-Statistics Indonesia Blora Regency

Blora Regency in Figures can be seen here; Online Integrated Statistics Services can be sent via email: bps3316@bps.go.id with the subject Data Requestor or website pst.bps.go.id; The Integrated Statistical Service BPS Blora Regency can be visited every working day at 08.00 – 15.30 WIB; Reporting Services That Are Not Compliant With Procedures can be done via lapor.go.id

Survei Harga Perdesaan

Survei Harga Perdesaan

May 19, 2020 | BPS Activities


Dalam perencanaan pembangunan khususnya di bidang perekonomian, data dan informasi tentang harga sangat dibutuhkan. Ketersediaan data harga yang berkesinambungan sangat membantu dalammemantau dan mengevaluasi pelaksanaan program pembangunan, serta mengoreksinya. Selain itu, banyak pihak lain atau lembaga yang berkepentingan dengan data harga untuk berbagai kajian dan pemanfaatannya. Seperti diketahui, penduduk Indonesia sebagian besar masih tinggal di daerah perdesaan. Umumnya pekerjaan mereka masih bergantung pada sektor pertanian dan hidupnya masih kurang sejahtera dibandingkan penduduk perkotaan. Untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk Indoneia berarti juga meningkatkan kesejateraan penduduk perdesaan. Program peningkatan kesejahteraan salah satunya harus didukung melalui ketersediaan data harga secara kontinyu dan lengkap. Data harga khusunya di daerah perdesaan dikumpulkan melalui Survei Harga Perdesaan (SHPed).

Survei Harga Perdesaan dilakukan secara bulanan sejak Badan Pusat Statistik (BPS) berdiri, waktu itu masih disebut survei harga-harga. Pengumpulan data harga tidak sebatas pada harga produsen berbagai komoditas hasil pertanian, namun juga harga eceran barang-barang serta jasa yang merupakan bagian biaya proses produksi pertanian (HD) serta data harga konsumen di wilayah perdesaan (HKD) yaitu harga berbagai barang dan jasa yang dibutuhkan penduduk desa.

Tujuan pengumpulan data harga produsen sektor pertanian diperdesaan adalah sebagai berikut:  (a) Memperoleh   data   Harga   Produsen   sektor   pertanian   (subsektor   tanaman   pangan, hortikultura,  tanaman  perkebunan  rakyat, peternakan,  perikanan,  dan  kehutanan)  secara lengkap dan berkelanjutan untuk penghitungan indeks harga yang diterima petani (It); (b) Memperoleh  data  NTP  subsektor  tanaman  pangan,  hortikultura,  tanaman  perkebunan rakyat, peternakan, dan perikanan; dan (c) Memperoleh proxy  indikator kesejahteraan  petani  perdesaan  di  sektor  pertanian  melalui pendataan upah buruh tani. Survei Harga Perdesaan dilaksanakan setiap bulan di seluruh kabupaten/kota di Indonesia. (Referensi: Pedoman Pencacahan Survei Harga Perdesaan, BPS). (Kontributor: Anis)

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Kabupaten Blora (Statistics of Blora Regency)Jalan Rajawali Nomor 12 Blora 58211 Telp. & Faks (0296)531191 Homepage. http://blorakab.bps.go.id/ e-mail: bps3316@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia