21 Desember 2021 | Kegiatan Statistik
Badan Pusat Statistik merupakan salah satu instansi
penyelenggara pelayanan publik yang memberikan pelayanan melalui penyediaan
data dan informasi statistik. Pelaksanaan penyebarluasan data dan informasi
statistik dilakukan dengan menyediakan unit Pelayanan Statistik Terpadu (PST)
di BPS baik tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota di seluruh Indonesia,
termasuk BPS Kabupaten Blora. Sebagai salah satu bentuk pemantauan dan evaluasi
terhadap kualitas pelayanan PST, BPS menyelenggarakan Survei Kepuasan Masyarakat
(SKM).
SKM diharapkan mampu menunjukkan penilaian kepuasan konsumen
terhadap layanan yang diberikan oleh BPS. Unsur-unsur yang dinilai dalam SKM antara
lain persyaratan pengurusan pelayanan; sistem, mekanisme, dan prosedur; waktu
penyelesaian; biaya/tarif; produk spesifikasi jenis pelayanan; kompetensi
pelaksana; perilaku pelaksana; penanganan pengaduan, saran dan masukan; serta
sarana dan prasarana.
Analisis kepuasan layanan meliputi kepuasan konsumen
terhadap pelayanan, akses, dan sarana prasarana; gap analysis; Importance and
Performance Analysis (IPA); serta analisis Indeks Kepuasan Konsumen (IKK). Unit
analisis yang digunakan adalah konsumen dengan satuan orang.
Berdasarkan survei yang telah dilaksanakan selama tahun 2021, didapat beberapa indikator yaitu
Badan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik Kabupaten Blora (Statistics of Blora Regency)Jalan Rajawali Nomor 12 Blora 58211 Telp. & Faks (0296)531191 Homepage. http://blorakab.bps.go.id/ e-mail: bps3316@bps.go.id
Tentang Kami