Survei Ubinan Padi Berbasis KSA - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Blora

Publikasi Kabupaten Blora Dalam Angka 2024 dapat diunduh di sini; Pelayanan Statistik Terpadu Online dapat melalui : email bps3316@bps.go.id dengan subyek Permintaan Data atau melalui website pst.bps.go.id; Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kab. Blora dapat dikunjungi setiap hari kerja  pada pukul 08.00 – 15.30 WIB; Pelaporan Layanan yang Tidak Sesuai Prosedur dapat dilakukan melalui lapor.go.id

Survei Ubinan Padi Berbasis KSA

Survei Ubinan Padi Berbasis KSA

25 April 2021 | Kegiatan Statistik


Salah satu upaya dalam pengumpulan data produktivitas di sektor pertanian khususnya tanaman pangan adalah melalui Survei Ubinan. Tujuan survei ini adalah untuk menghitung produktivitas padi yang berguna untuk menentukan jumlah produksi padi dan beras.kesalahan dalam pendugaan hasil produksi padi diawali dari kesalahan penghitungan produktivitas padi yang akan berdampak pada angka produksi padi nasional.

Sejak 2019, BPS mulai melakukan standarisasi Survei Ubinan (khususnya padi) dengan menggabungkannya dengan metode Kerangka Sampel Area (KSA). Survei Kerangka Sampel Area (KSA) untuk memperoleh data luas panen yang objektif, akurat, cepat dan modern dengan menggunakan perangkat/aplikasi KSA yang dilakukan setiap bulan. Dengan menggabungkan keduanya, Survei Ubinan padi dilakukan pada lahan dimana titik amat pada subsegmen KSA berada. Survei Ubinan Padi Berbasis KSA ini dilakukan setiap subround (empat bulanan) dengan metode sampling yang ditentukan oleh BPS RI.

Pada 2020, Survei Ubinan Padi Berbasis KSA mulai dilakukan menggunakan computer assisted personal interviewer (CAPI). Petugas Survei Ubinan Padi Berbasis KSA dibekali aplikasi yang terinstal pada perangkat android masing-masing yang akan digunakansebagai pengganti kuesioner kertas. Dengan CAPI, petugas dapat mengirimkan data hasil ubinan secara langsung sesaat setelah melakukan pengukuran lapangan. Data yang didapatkan juga menjadi lebih akurat, karena pada aplikasi Survei Ubinan Berbasis KSA, titik koordinat dimana plot ubinan berada akan terekam pada aplikasi.  (Kontributor: Novita Ayuningtyas)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Blora (Statistics of Blora Regency)Jalan Rajawali Nomor 12 Blora 58211 Telp. & Faks (0296)531191 Homepage. http://blorakab.bps.go.id/ e-mail: bps3316@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik