Briefing IKK Triwulan III 2020 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Blora

Publikasi Kabupaten Blora Dalam Angka 2024 dapat diunduh di sini; Pelayanan Statistik Terpadu Online dapat melalui : email bps3316@bps.go.id dengan subyek Permintaan Data atau melalui website pst.bps.go.id; Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kab. Blora dapat dikunjungi setiap hari kerja  pada pukul 08.00 – 15.30 WIB; Pelaporan Layanan yang Tidak Sesuai Prosedur dapat dilakukan melalui lapor.go.id

Briefing IKK Triwulan III 2020

Briefing IKK Triwulan III 2020

17 Juli 2020 | Kegiatan Statistik


Dana Alokasi Umum yang bersumber dari pendapatan APBN yang dialokasikan dengan tujuan pemerataan kemampuan keuangan antar daerah untuk mendanai kebutuhan daerah dalam rangka pelaksanaan desentralisasi yang bertujuan meminimalkan ketimpangan fiskal antar daerah, selalu menjadi topik bahasan yang penting dalam sebuah pembangunan. Berangkat dari hal tersebut dibutuhkan suatu indeks yang bisa menjadi referensi dalam pembangunan suatu wilayah.

IKK atau lebih dikenal dengan Indeks Kemahalan Konstruksi merupakan indeks spasial yang menggambarkan perbandingan tingkat kemahalan konstruksi suatu Kabupaten/Kota dibandingkan kota acuan. IKK digunakan sebagai proxy untuk mengukur tingkat kesulitan geografis suatu daerah, semakin sulit letak geografis suatu daerah maka semakin tinggi pula tingkat harga di daerah tersebut.

Survei ini dilaksanakan triwulanan pada Januari, April, Juli dan Oktober. Untuk Triwulan tiga kali ini ada yang sedikit berbeda, kuesioner yang biasanya hanya satu sekarang terbagi menjadi tiga bagian yakni kuesioner utuk material natural, pabrikan dan sewa alat berat.

BPS Kabupaten Blora pada hari Jum’at 17 Juli 2020 lalu menyelenggarakan Briefing Survei IKK ini bersama 6 orang KSK dan 2 orang  staf, bertempat di aula BPS Kabupaten Blora, acara di buka langsung oleh Kepala BPS Kabupaten Blora Drs. Heru prasetyo di lanjutkan dengan pemutaran video bahan ajar juga diskusi Tanya jawab seputar survei konstruksi ini. Adapun pelaksanaan survey mulai 21 -31 Juli 2020, yang tersebar di 48 sampel usaha/perusahaan. (Kontributor: Titik)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Blora (Statistics of Blora Regency)Jalan Rajawali Nomor 12 Blora 58211 Telp. & Faks (0296)531191 Homepage. http://blorakab.bps.go.id/ e-mail: bps3316@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik