December 21, 2021 | BPS Activities
Badan Pusat Statistik merupakan salah satu instansi penyelenggara pelayanan publik yang memberikan pelayanan melalui penyediaan data dan informasi statistik. Pelaksanaan penyebarluasan data dan informasi statistik dilakukan dengan menyediakan unit Pelayanan Statistik Terpadu (PST) di BPS baik tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota di seluruh Indonesia, termasuk BPS Kabupaten Blora. Sebagai salah satu bentuk pemantauan dan evaluasi terhadap kualitas pelayanan PST, BPS menyelenggarakan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM).
SKM diharapkan mampu menunjukkan penilaian kepuasan konsumen terhadap layanan yang diberikan oleh BPS. Unsur-unsur yang dinilai dalam SKM antara lain persyaratan pengurusan pelayanan; sistem, mekanisme, dan prosedur; waktu penyelesaian; biaya/tarif; produk spesifikasi jenis pelayanan; kompetensi pelaksana; perilaku pelaksana; penanganan pengaduan, saran dan masukan; serta sarana dan prasarana.
Analisis kepuasan layanan meliputi kepuasan konsumen terhadap pelayanan, akses, dan sarana prasarana; gap analysis; Importance and Performance Analysis (IPA); serta analisis Indeks Kepuasan Konsumen (IKK). Unit analisis yang digunakan adalah konsumen dengan satuan orang.
Berdasarkan survei yang telah dilaksanakan selama tahun 2021, didapat beberapa indikator yaitu
BPS-Statistics Indonesia
Badan Pusat Statistik Kabupaten Blora (Statistics of Blora Regency)Jalan Rajawali Nomor 12 Blora 58211 Telp. & Faks (0296)531191 Homepage. http://blorakab.bps.go.id/ e-mail: bps3316@bps.go.id
About Us